Senin, 19 November 2012

Teknik Cari Duit Ala Mahasiswa

st 
       Duit, ya duit jika kamu seorang mahasiswa mungkin bukan hal yang aneh mendengar kata duit karena tuntutan biaya kuliah yang cukup mahal sehingga timbul alasan untuk mencari duit tanpa membebani beasiswa, apa sih arti duit bagi mahasiswa? Yuk disimak!
Dalam konteks mahasiswa, duit didefinisikan sebagai berikut
“Duit adalah suatu alat bertahan hidup yang didapat dan dihasilkan dari suatu kerja tertentu, duit yang ada pada mahasiswa biasanya didapat melalui beasiswa orang tua”
Nah, jika duit dilihat dari definisinya, mahasiswa tidak sedikit pula yang mulai mencari jalan untuk mendapatkan duit. Motif untuk mendapatkan duitpun beragam mulai dari untuk membeli buku (textbook) sampai makan dan bahkan untuk bersenang-senang. Berikut adalah beberapa teknik mahasiswa  untuk menghasilkan duit:
1. Jualan Kue
Jualan kue ini teknik paling mainstream di mahasiswa, sudah bukan hal aneh mahasiswa ke kampus bawa kotak yang isinya macem-macem mulai dari gorengan, donat salman, dan kue-kue basah yang bisa didapatkan mulai dari cisitu, simpang dago, ataupun plesiran. Motif jualan kue biasanya diprakarsai suatu organisasi bagian divisi dana dan usaha (danus) untuk membiayai penyelenggaraan acara.
Keuntungan sekitar 10-25rb/box
2. Jualan Buku Teks (Textbook)
Buku merupakan komoditas wajib bagi mahasiswa, tetapi ada mata kuliah tertentu yang cukup memperhatikan dosennya dengan baik sudah tidak perlu menggunakan textbook lagi. Biasanya mahasiswa yang menjual buku ada tiga tipe, buku asli, buku fotokopian, dan buku warisan. Namun, yang sering beredar di kalangan mahasiswa adalah buku fotokopian yaitu dengan cara memfotokopi buku terus dijual lagi deh, tapi ga se-simple itu karena biasanya butuh kuantitas yang banyak untuk mendapatkan harga terbaik maka dari itu biasanya dilakukan sistem preorder pemesana buku untuk mencapai kuantitas dengan harga terbaik. Kalo buku warisan biasanya dilakukan sama tingkat dua yang dijual karena biasanya udah tidak terpakai lagi.
Keuntungan sekitar 5-25rb/buku
3. Jualan di Forum Jual Beli
Tidak sedikit mahasiswa  yang mengambil keuntungan dari berjualan di forum forum online karena gampang banget dan biasanya transaksinya di kampus. Gue saranin pakai aja di Jual Beli forum detikforum.com dengan tampilan baru pastinya traffic meningkat dan potensi keuntungan kamu pun bakal meningkat. So, ga perlu datengin ke supplier ambil barang, kamu cukup minta foto produknya trus fotonya taruh deh di detikforum.com beserta rincian harga dan deskripsinya. Mudah bukan!
Keuntungan tak terdefinisi
4. Makelar Kos-kosan
Sebenarnya untuk teknik makelar kos-kosan ini dibagi dua tipe ada yang memiliki resiko dan tidak. Bagi yang tidak memiliki resiko biasanya bantu bapak/ibu kos ngisiin kamar kos yang masih kosong. Nah, untuk yang memiliki resiko dibutuhkan seni berbisnis sedikit yaitu dengan cara menyewa kontrakan kemudian dipartisi menjadi beberapa bagian kamar selanjutnya tinggal mencari orang-orang yang ingin ngisi kamarnya keuntungannyapun cukup besar, tetapi resikonya adalah ketika sang pengontrak tidak mempu mengisi kamar kosong.
Keuntungan sekitar -5jt – 5jt/kamar
5. Makelar Acara
Biasanya di kampus sering diadakan berbagai acara tuh, nah disitu terselubung sela untuk mendapatkan keuntungan, tetapi bukan berarti korupsi. Jika motif untuk mendapatkan duit maka ketika opec recruitmen acara sangat dianjurkan untuk JANGAN ikut, ya paling ikut untuk cari pengalaman aja. Seninya adalah ambil kesempatan dengan mendekatkan bagian logistic atau konsumsi cari kebutuhannya, setelah didapat kebutuhan logistik dan konsumsi kemudian cari supplier jenisnya bisa dalam bentuk sewa, catering, percetakan dan lain sebagainya. Kunci kesuksesan disini terletak pada networking dan negosiasi.
Keuntungan sekitar 50rb-5jt/divisi atau acara


sumber :http://kampusupdate.blogdetik.com/2012/10/11/teknik-cari-duit-ala-mahasiswa/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon kritikan dan sarannya :)