Berpikir dengan cara yang berbeda, berpikir dari sudut pandang yang
baru, mempunyai pemikiran yang kreatif yang tidak pernah ada, dan tidak
menjiplak. Pemikiran ini juga bisa mengambil sudut pandang (sisi) lain yang
orang lain tidak bisa melihatnya (berpikir sebaliknya dari suatu hal) dalam
menghadapi permasalahan ataupun menghadapi kondisi-kondisi yang baru. Itulah
sekelumit pengertian tentang berpikir outside the box atau berpikir di luar
kotak.
Tersebutlah Yoris Sebastian seorang yang sangat luar biasa. Sangking luar
biasanya ia dijuluki dijuluki creative junkie. Cerita bermula karena
kreativitasnya sebagai tenaga lepas dalam membuat tagline Majalah Hai
â€Terus terang hanya Hai yang bisa beginiâ€.
Dari sini karirnya mulai naik menjadi Assitant Advertising &
Promotion Manager. Dengan konsep “I Like Mondayâ€(ILM) berupa konsep konser
khusus untuk artis lokal yang jarang memeroleh kesempatan dapat konser tunggal.
Di Hard Rock Cafe ia membuktikanya, sehingga sponsor mulai banyak berdatangan.
Dalam usia 26 tahun jabatan General manager telah disabetnya di HRC.
Mengapa tema berpikir outside the box menjadi popular? Pemikiran cara ini
menjadi popular karena ketidaklaziman yang kita lihat dalam mengapresiasi
(mengungkapkan) gagasan atau ide yang didapat. Seperti pengungkapan “Enjoy
aja†ala iklan rokok Mild.
Bila diingat kembali pikiran sadar mungkin sudah lupa kejadian di masa lalu.
Tapi pikiran bawah sadar akan tetap ingat. Sehingga sering keluar
statment â€pikiran bawah sadar sangat sadar dan cerdasâ€.
Begini penjelasannya. Proses berpikir yang terjadi antara pikiran sadar
dan pikiran bawah sadar berjalan bersamaan (pararer). Perbedaannya adalah
pikiran sadar bisa/dapat berhenti bekerja, sedangkan pikiran bawah sadar tidak
akan pernah berhenti kecuali jika masa kontrak hidup kita di dunia ini sudah
selesai kata Tuhan.
Kadang orang tidak berani mengambil keputusan besar. Lakukan (just do it)
sehingga anda bisa mendapat duit. Sang Budha juga pernah membuat slogan
â€Dunia objektif muncul dari pikiran itu sendiri’’
Dimana kita dapat menjumpai cara berpikir seperti ini? Berpikir outside the box
banyak dijumpai di bidang advertising dan broadscast terutama untuk pembuatan
iklan di televisi dan majalah-majalah.
Sekarang timbul pertanyaan, bagaimana cara menciptakan berpikir di luar kotak?
Di bawah ini saya berikan tips untuk menuntun anda menuju medan berpikir di
luar kotak.
1.Lepaskan diri dari mental Block dan keluar dari comfort zone
Dengan melepaskan diri dari mental yang terkungkung
pada block-blok dan keluar dari comfort zone maka pikiran kita akan mulai
bekerja dengan daya maksimal untuk memikirkan sesuatu yang fresh. Pikiran ini
akan menjadi cakrawala pembuka bakat kita yang terpendam sehingga kita dapat
menciptakan pertumbuhan/perkembangan bagi diri kita sendiri terutama menjadikan
kita orang yang visioner. Beranikan diri kita menjadi orang yang unik.
2.Amati hal-hal yang kita sukai atau yang menjadi hobi kita.
3.Mulai berpikir mencari ide-ide kecil yang sederhana.
4.Catat atau rekam setiap ide-ide kreatif yang muncul.
5.Mulailah berpikir dengan paradigma baru.
Jika kita terbiasa untuk berpikir dan melakukan hal tidak biasa,maka
kita akan mampu menciptakan sesuatu yang tidak biasa dan itu akan menjadikan
kita orang yang LUAR BIASA.
Berpikir didalam kotak (inside the box) hanya akan menjadikan kita orang
biasa-biasa saja,tetapi berpikir diluar kota akan menjadikan kita benar-benar
orang LUAR BIASA.
Selamat menjadi orang yang LUAR BIASA dengan berpikir diluar kotak,sehingga
menghasilkan pemikiran-pemikiran yang luar biasa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
mohon kritikan dan sarannya :)