Senin, 15 April 2013

Sosial Media Membuat Manusia Cenderung Menyendiri

Novandri Panca Putra (15110046)
Tgl post 14 April 2013



342cd6a759f76d69aba5afbcaf54efdf_images

Berkembang dunia Internet yang semakin cepat termasuk perkembangan sosial media yang semakin pesat membuat sebagian orang cenderung hidup menyendiri dan asik dengan dirinya sendiri atau bahkan mengakibatkan berkurangnya interaksi sosial di dunia nyata.
Interaksi sosial mereka lebih inten di dunia maya atau lebih tepatnya Yang jauh Terasa Dekat dan Dekat Terasa dijauhkan. Hal ini tentunya akan mengurangi hubungan sosial di dunia nyata.
Keguyuban menjadi berkurang baik antar keluarga, antar teman, maupun antar teman satu kampus secara nyata dan digantikan dengan keguyuban mereka di dunia sosial media.
Perubahan pola hidup seperti ini harus diwaspadai dampak jangka panjangnya yang akan meretakan interaksi sosial di masyarakat, maupun di dunia Pendidikan.
Akibat sosial media ini tak sedikit orang yang menjadi apatis, tidak peduli lingkungan, tidak peduli orang lain dan coba rasakan ketika dulu mungkin sebelum berkembangnya teknologi dan berkembangnya sosial media, ketika kita makan siang dikantor waktu tersebut termanfaatkan untuk berinteraksi sesama rekan sekantor, namun saat ini mungkin orang lebih nyaman makan sendirian dengan Handphone di tangannya dan selalu menunduk memperhatikan Handphonenya, asik dengan kehidupan sosialnya di media-media internet.
Dengan teknologi informasi menjadikan penggunannnya cenderung menyendiri akan lebih membangun sifat individualisme para teman-teman dikantor, pastinya akan mengurangi jiwa Team Work dalam bekerja.
Jika demikian adanya dikuatirkan akan menurunkan produktivitas perusahaan, meretakan jiwa sosial, menjauhkan hubungan antar sesama dan sesungguhnya berinteraksi sosial di media sosial bukanlah larangan, namun harusnya dipergunakan secara wajar dan bijaksana sehingga tidak merubah pola hidup yang akan membawa dampak negatif tehadap kehidupan di dunia nyata yang sesungguhnya.
Bagaimana menurut anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon kritikan dan sarannya :)