Minggu, 08 April 2012

Jagung Manis Rendah Lemak dan Kolesterol



agung merupakan bahan pangan yangsudah sangat akrab di masyarakat kita, namun belum dimanfaatkan secara maksimal sebagai bahan baku snack, kue atau hidangan. Jagung mudah diperoleh dengan harga relatif murah dan sangat menguntungkan sebagai bahan baku menu atau hidangan bagi wirausaha boga.

Jagung banyak mengandung karbohidrat, vitamin dan mineral. Karbohidrat sebagai sumber kalori bagi kita yang mengkonsumsinya. Disamping karbohidrat jagung juga kaya akan serat dan rendah kalori, sehingga sangat bagus bagi kita yang sedang menjalani program diet menguruskan badan.

Kandungan gizi jagung berbeda-beda tergantung dari kualitas jagungnya. Ada yang berkarbohidrat tinggi, namun rendah vitaminnya. Yang baik adalah jagung yang memiliki karbohidrat dan vitamin sama banyaknya dan baik untuk kesehatan tubuh.



Sebagai contoh, kandungan gizi satu bonggol jagung rebus seberat 250 gram adalah 90,2 kalori, 2,9 gram protein, 0,9 gram lemak dan 17,9 hidrat arang. Kecukupan gizi dan rasa kenyang apabila kita mengonsumsi nasi adalah 1/4 gelas nasi yang mengandung 170 kalori. Dengan demikian apabila kita ingin mencukupkan gizi dan rasa kenyang dari mengonsumsi jagung adalah 1 1/2 atau 2 bonggol jagung rebus.

Jagung manis mengandung serat tinggi, rendah lemak dan bebas kolesterol, tidak mengandung zat aditif sehingga baik untuk mencegah penuaan serta aman bagi penderita diabetes. Karena kandungan gulanya bukan glukosa,melainkan fruktosa.


Untuk menjaga agar tubuh tetap prima, sebaiknya menghindari makanan yang mengandung gula sederhana (glukosa), bahan makanan lemak jenuh, kolesterol, lemak ter-hidrogenasi (Margarin), diet tinggi daging, makanan mengandung aditif dan alkohol.

Untuk menjaga kesehatan sebaiknya lebih banyak mengonsumsi ikan, bawang putih atau bawang merah sekurang-kurangnya sekali sehari, juga konsumsi vitamin dan mineral.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon kritikan dan sarannya :)