Kamis, 05 April 2012

Kayu Manis Harum dan Berkhasiat

Kayu manis yang berasal dari kulit pohon kayu manis ini populer untuk makanan dan minuman banyak jenis, mulai dari kolak, setup, roti, kue kering atau minuman capuccino. Aromanya yang khas bisa menambah cita rasa makanan atau minuman lebih lezat, dan juga berkhasiat menurunkan panas.

Kayu manis yang nama latinnya cinnamomum zeylanicum merupakan tanaman pohon yang tingginya dapat mencapai 8 - 17 meter. Tanaman ini tumbuh dengan baik pada tanah yang berpasir putih, pada ketinggian 700 - 2000 meter dari permukaan laut. Biasanya ditanam di daerah yang beriklim tropis,yang banyak dijumpai di pulau sumatra tepatnya di kabupaten kerinci.jambi.



Kayu manis yang digunakan sebagai pengharum dan penambah aroma pada masakan berasal dari kulit kayu manis yang dikelupas dari batang, kemudian permukaan luarnya dikerok sampai bersih dan dijemur. Kulit kayu manis ini akan menggulung dengan sendirinya setelah kering. Daun kayu manis yang kering bila diremas akan berbau seperti kulit kayu manis.

Kayu manis yang ada di Indonesia dibawa pertama kali oleh bangsa Belanda dan dikembangkan di Indonesia pada tahun 1825 di daerah Jawa dan disebut dengan Java Cassia.


Khasiat dan hasil olahannya.
1. Kayu manis yang beraroma harum ini dapat digunakan sebagai aroma terapi dan sudah banyak dijual di pasaran dalam bentuk minyak atau dupa. Khasiat dari aroma terapi kayu manis ini dapat memberikan ketenangan, menghilangkan rasa capai dan untuk menghilangkan sakit kepala.

2. Jika kulit kayu manis direbus dengan air gula dan dijadikan minuman hangat, sangat baik untuk menurunkan panas.

3. Daun kayu manis mengandung eugenol yang biasanya digunakan sebagai minyak wangi.

4. Bijinya mengandung lemak untuk pembuatan lilin.

5. Akarnya bisa dibuat sebagai bahan minyak asiri.

6. Hasil olahan kayu manis dapat dicampur sebagai bahan untuk pembuatan kolak, kari, cake, roti, kue kering, puding dan sup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon kritikan dan sarannya :)