Minggu, 08 April 2012

     










Kurma dalam masyarakat Arab disebutNakhla alias pohon kehidupan. Dikatakan sebagai pohon 
kehidupan karena semua bagian tanaman kurma berguna. Bahkan sejak jaman Nabi Muhammad SAW, kurma digunakan sebagai obat.

Jenis kurma secara umum dibedakan dalam 2 macam, yaitu kurma kering (dry dates) dan kurma lunak (soft dates). Kurma jenis dry dates biasanya dibiarkan di pohon hingga kering, buahnya keriput dan sangat berserat. Sedangkan kurma jenissoft dates setelah buah matang harus diperam pada suhu 27 - 35 derajad celsius.

Kurma bersifat kering dan panas, sehingga sanggup membangkitkan gairah seksual. Bahkan kurma yang diisi dengan biji pinus dipercaya sebagai obat penyubur bagi wanita yang ingin mempunyai anak.



Kurma mengandung zat tanin dan serat kasar yang tidak larut. Oleh karena itu, secara tradisional kurma dimanfaatkan untuk mencegah dan mengobati sakit perut, penyembuhan diare, mengobati pilek dan radang tenggorokan.

Jenis kurma yang paling dicari di Arab maupun para pendatang adalah jenisanbara. Dijual dalam bentuk segar seperti yang biasa kita santap setiap bulan Ramadhan. Kurma dapat diolah dalam bentuk tanpa biji, bubuk, pasta, jeli, jus dan acar. Kurma juga bisa menjadi campuran utama puding, roti, cake, es krim, permen, makanan ringan dan minuman sebagai kopi kurma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon kritikan dan sarannya :)